Wednesday, June 29, 2005

it's my list

awalnya adalah ide dave yg bilang: "wan kenapa lo gak bikin list 30 album yg paling berpengaruh?" wah, gud idea!

yg jadi masalah kemudian pas mau bikin list ini adalah kategorinya: list album yg terbaik menurut gw, atau yg paling gw suka, atau yg paling berpengaruh? krn yg gw anggap terbaik (secara analitis) belum tentu gw suka. yg gw suka belum tentu berpengaruh (kl someday gw bikin musik sendiri). yg terbaik jg belum tentu berpengaruh.

makanya akhirnya gw mengambil langkah netral: SOUNDTRACK HIDUPKU. tapi konsekuensinya adalah jumlahnya yg ternyata membludak. di list gw udah ada 130-an album musisi barat, dan itu belum semua. belum puluhan album musisi lokal. belum deretan kompilasi bajakan yg mewarnai hari2 gw sebelum bob geldof berkoar2 minta kaset bajakan ditarik.

sebagian besar gw review sebagai best albums. tp sebagian lagi sekadar mewarnai hdiup gw di masa2 tertentu. mungkin ada yg sekarang udah gw benci, tp paling cuma 1-2 aja.

sebagai catatan, tahun dirilisnya album itu belum tentu sama dengan tahun album itu sering gw denger. contohnya: album2 speed/trash metal yg mewabahi jakarta di taun 90-91-an banyak yg keluaran tahun 87-88; album2 rock 70-an kebanyakan baru gw konsumsi di dekade 90-an; atau sekadar krn gw beli album itu telat setaun or dua tahun setelah album itu keluar.

sebetulnya as the whole story of my music experience, tadinya gw mo nunggu smp list ini selesai dulu baru gw launch. tp ternyata udah berbulan2 dr gw mulai smp sekarang kondisinya baru 60 persen jadi. krn ternyata cukup lama buat merealisasikannya: dari ngumpulin list-nya, nyari-download-upload image2 kovernya, smp bikin reviewnya.

saking gak sabar, akhirnya gw memutuskan untuk ngeluarin list ini per dekadenya. gw mulai dgn dekade 2000, yg kemudian akan disusul dgn 90-an, 80-an, 70-an, smp 60-an. (semoga ini sekaligus memicu gw untuk lebih cepat menyelesaikan list ini.. hehehe..).

selama gw masih hidup, list ini pastinya akan terus bertambah dari tahun ke tahun. please jangan ragu untuk ngejadiin ini referensi buat dengerin musik. dan akhir kata, selamat menikmati =).

Comments: Post a Comment

<< Home

This page is powered by Blogger. Isn't yours?